
Berikut adalah beberapa jenis iklan YouTube:
Iklan TrueView in-stream: Jenis iklan ini memungkinkan pengiklan untuk menampilkan iklan sebelum, selama, atau setelah video YouTube. Iklan TrueView in-stream dapat dilewati setelah 5 detik dan pengiklan hanya membayar ketika pengguna menonton iklan selama 30 detik atau lebih atau menyelesaikan iklan.
Iklan TrueView discovery: Iklan TrueView discovery muncul di hasil pencarian YouTube atau di samping rekomendasi video. Jenis iklan ini biasanya berupa thumbnail video dan teks yang menarik perhatian pengguna untuk mengeklik dan menonton iklan.
Iklan bumper: Iklan bumper adalah iklan yang tidak dapat dilewati dan berdurasi maksimal 6 detik. Iklan ini muncul sebelum video utama dan biasanya digunakan untuk meningkatkan kesadaran merek.
Iklan outstream: Iklan outstream hanya tersedia di aplikasi seluler dan situs web yang berpartisipasi dalam program Google AdSense. Iklan ini muncul di halaman seluler yang sedang dibuka dan tidak memerlukan pemutaran video.
Iklan overlay: Iklan overlay muncul sebagai bingkai yang mengapit video dan biasanya digunakan untuk mempromosikan produk atau layanan. Iklan overlay dapat diklik oleh pengguna untuk mengarahkan pengguna ke situs web atau produk.
Iklan mid-roll: Iklan mid-roll adalah iklan yang ditampilkan saat pengguna menonton video yang lebih panjang, seperti video game atau konser musik. Iklan ini muncul di tengah-tengah video dan biasanya tidak dapat dilewati.
Pengiklan dapat memilih jenis iklan yang sesuai dengan tujuan pemasaran mereka dan memaksimalkan efektivitas kampanye iklan mereka.