Cyberlabs Academy

Bagaimana cara melakukan marketplace competitor analysis?

Bagaimana cara melakukan marketplace competitor analysis?

Berikut adalah beberapa cara untuk melakukan marketplace competitor analysis:

Identifikasi pesaing – Tentukan siapa pesaing Anda di marketplace. Cari tahu produk atau layanan apa yang mereka tawarkan dan seberapa sukses mereka dalam menjual produk mereka di marketplace.

Analisis situs pesaing – Kunjungi situs pesaing dan analisis bagaimana mereka memasarkan dan menjual produk mereka. Amati desain situs mereka, tawaran produk, harga, dan metode pembayaran yang ditawarkan.

Analisis harga – Amati harga produk pesaing Anda dan bandingkan dengan harga produk Anda. Hal ini dapat membantu Anda menentukan apakah harga produk Anda terlalu mahal atau terlalu murah dibandingkan dengan pesaing.

Analisis promosi – Periksa taktik pemasaran pesaing Anda seperti iklan, promo, dan program loyalitas. Amati bagaimana mereka memasarkan produk mereka dan pelajari cara mereka menarik pelanggan baru.

Analisis umpan balik pelanggan – Baca ulasan produk dan layanan pesaing Anda di marketplace. Amati apa yang disukai dan tidak disukai pelanggan dari produk pesaing dan cari tahu bagaimana Anda dapat meningkatkan produk dan layanan Anda untuk lebih bersaing dengan pesaing.

Analisis strategi pesaing – Pelajari strategi pemasaran dan bisnis yang digunakan oleh pesaing Anda. Cari tahu apakah mereka berfokus pada produk tertentu atau segmen pasar tertentu dan cari tahu bagaimana Anda dapat menyesuaikan strategi Anda untuk bersaing dengan mereka.

Dengan melakukan marketplace competitor analysis secara rutin, Anda dapat memahami persaingan di pasar dan menemukan cara-cara baru untuk memasarkan dan menjual produk Anda di marketplace.

× Butuh Bantuan?